
Tahun 1953,
dia mulai mengajar di Standford University. Di sini, dia kemudian bekerja sama
dengan salah seorang anak didiknya, Richard Walters. Buku pertama hasil kerja
sama mereka berjudul Adolescent Aggression terbit tahun 1959. Bandura menjadi
presiden APA tahun 1973, dan menerima APA Award atas jasa-jasanya dalam Distinguished
Scientific Contributions tahun 1980.
Teori-teori
Albert Bandura banyak di aplikasikan dalam bidang pendidikan terutama pada
pembelajaran sosial (social learning theory). Teori pembelajaran sosial
ini pada awalnya dinamakan sebagai “Teori Sosial Kognitif” oleh Bandura
sendiri (Moore, 2002). Teori pembelajaran sosial menyatakan bahwa
faktor-faktor sosial, kognitif dan tingkah laku memainkan peranan penting dalam
pembelajaran (Santrock, 2001). Faktor kognitif akan mempengaruhi wawasan pelajar
tentang pemahaman; sementara faktor sosial, termasuk perhatian pelajar tentang
tingkah laku dan imitasi ibu bapaknya, akan mempengaruhi tingkah laku pelajar
tersebut.
sumber : http://www.psychologymania.com/
Posting Komentar