© Copyright 2014 Duta Glory Community | Irwan Wicaksono | 085728802936 Psikologi Dan Bisnis - All Rights Reserved - http://www.dni.co.id

Cara Menentukan Hari Baik Pernikahan (Perhitungan Jawa)





Menikah merupakan impian bagi setiap orang. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut hari yang spesial ini. Tentu bagi beberapa pasangan yang masih meyakini tradisi lokal akan mencari hari yang baik untuk hari pernikahan. Namun tidak sedikit yang bingung untuk cara mencari hari pernikahan.

Untuk mencari hari pernikahan syarat utama yang harus diperhatikan adalah mengetahui hari dan pasaran. Dan juga jumlah neptu setelah tahu hari dan pasarannya. Jika anda belum tahu untuk perhitungan neptu hari, bulan dan tahun, bisa dibaca di postingan saya tentang neptu hari, bulan dan tahun jawa.

Jika sudah paham dan mengatahui hari serta jumlah neptu, maka sekarang kita mulai cara-cara menentukan hari pernikahan.

Sebenarnya caramenentukan hari pernikahan ini sangat sederhana, yaitu menggunakan rumus ; hari pernikahan menggunakan hari lahir mempelai laki-laki, sedangkan pasarannya menggunakan pasaran mempelai perempuan.

Jadi misalkan ;

Hari dan pasaran lahir mempelai laki-laki ; senin pon
Hari dan pasaran lahir mempelai perempuan ; rabu pahing
Maka hari untuk pernikahan adalah hari lahir mempelai laki-laki yaitu senin. Dan untuk pasarannya menggunakan pasaran mempelai perempuan yaitu pahing.

Jadi hari pernikahan jatuh pada hari senin pahing.
Namun tidak serta merta langsung ditentukan hari senin pahing, ada lagi aturan yang harus dihindari setelah hari ditentukan.

Berdasarkan contoh diatas misalkan hari sudah ditentukan senin pahing, maka yang harus dihindari adalah tanggal jawa saat jatuhnya hari yang sudah ditentukan.
Berikut adalah daftar tanggal yang harus dihindari ;

Suro ;  7, 17,27
Sapar ; 2, 12, 22
Mulud ; 3, 13, 23
Bakda mulud ; 5, 15, 25
Jumadil awal ; 6, 16, 26
Jumadil akhir ;1, 11, 21
Rejeb ; 2, 12, 22
Ruwah ; 4, 14, 24
Pasa ; 5, 15, 25
Sawal ; 7, 17, 27
Dulkaidah ; 1, 11, 21
Besar ; 3, 13, 23

Itu adalah tanggal yang harus dihindari, misalkan hari senin pahing sesuai contoh diatas pada tanggal dan bulan tersebut diatas maka sebaiknya dihindari.

Lalu selain itu hendaknya jangan melakukan pernikahan pada bulan suro. Lalu juga jangan melakukan pernikahan pada bulan dimana orang tua anda dulu melakukan pernikahan. Misalkan orang tua anda dulu menikah pada bulan febuary, maka hindari juga bulan tersebut.

Perhitungan menentukan hari pernikahan ini berdasarkan kurup neptu, yang sering dilakukan oleh orang Solo bagian utara. Tentu masih banyak cara-cara lain untuk menentukan hari pernikahan.

Semoga bermanfaat....

52 komentar

cukup rumit perhitungannya yah

Reply

Iya Mas, Tapi tidak begitu rumit juga kok

Reply

Kalau mempelai pria wetonnya senin kliwon, dan mempelai wanita kamis pon itu baiknya tgl/bln pernikahannya kpn ya mas? Suwun...

Reply

berarti senin pon, kalo masalah bulan asal jangan bulan suro aja.. misalkan senin pon di bulan yang dipilih bertepatan di tanggal yang harus dihindari(lihat posting) baiknya cari bulan lain, asalkan hari tetap pada senin pon..

Reply

Klo saya minggu legi,terus pasangan saya kamis kliwon hari dan bulan apa yg baik buat saya nikah mas?
Matur nuwun.

Reply

mas ferry : minggu kliwon mas, itu malah tepat hari yg baik.. karena jumlah 13, menurut org tua dulu hari baik mas..

Reply

Mau tanya Gan, klo pria nya ; kamis-Pon wanita nya kamis-kliwon, hari apa dan tgl brp Ɣªήğ baik utk akad nikah? Matur nuwun

Reply

gagag7267 ; jadi hari pernikahan jatuh pas weton wanita.. kamis kliwon..terimakasih.

Reply

pak irwan: sy lhr 26 -06-1983, kt ibu weton sy senin paing. kok g cocok yh... padahal tiap weton dr kecil di slametin. yg slh weton apa tgl lhr sy?

Reply

kalo pada jaman dulu pak anto, orang lebih tahu masalah weton drpda tanggal lahirnya.. tapi sebenarnya ya ngga ada yg salah. tapi kalo ditelisik dari kebiasaan pendahulu kita, weton lebih dperhatikan drpada tanggal lahir kita..
ini membuktikan bahwa orang dulu lebih tau wetonnya drpda tanggal lahirnya.. terimakasih..

Reply

Mas..kalu pasangan..kita..sama"2 hari jum'at..wage. Ma kliwon gmna mas????

Reply

kalo cowok nya rabu wage,, ceweknya selasa wage itu gmn????hari yang di hindari apa?????

Reply

didin yupiter ; kalo laki laki yang jum'at kliwon maka hari nikah jum'at wage. kalo perempuannya yang jumat kliwon maka hari nikahnya tetap jumat kliwon.

Reply

eko ; hari nikah rabu wage. yg perlu dihindari yang pasti bulan suro, naas org tua, bulan nikah orang tua dan hari yang bertepatan dengan tanggal sangar.. bisa dibaca ulang postingan saya untuk mengetahui tanggal sangar dalam tiap tiap bulan,, terima kasih..

Reply

Mas,tanggal yg hrs dihindari diatas it tanggal masehi atau tanggal dlm penanggalan jawa ya?trs mau tnya sekalian mempelai pria lahir Selasa Kliwon,wanitanya Jumat Legi,utk tahun 2013 bsk apabila ingin menikah di bulan syawal&hari minggu,baiknya Minggu yg tanggal brp ya?mohon di email ke andri_raj@yahoo.com,terima kasih

Reply

masse mau tnya kalo cowok nya rabu kliwon,, ceweknya minggu pahing????hari yang paling baik hari apa ya mas????? matur nuwon jawabane mase...

Reply

rini purwaty ; rabu pahing mbak.. nuwun

Reply

andri ; ya nanti saya email.kan....

Reply

Mas, saya lahir selasa legi dan calon selasa kliwon. b'jodoh g mas? trus hari baikny untuk nikah tgl brp y? tks.

Reply

mas klu saya wanita lahirx tgl 10 6 81 trus pasangan lahir tgl 11 4 81, nikah 12 12 12 itu bagus ngk mas...

Reply

Mas. . Mw tnya nc.
Klo cwona lahir selasa pon n cwena lahir sabtu wage, bgusnya mnikah tgl n bln brp y utk thn 2013? Sblumnya makaci. . . .

Reply

Klo wanita 8 agustus 89
sedangkan pria 25 juni 82

tgl-bulan baik dthun 2013 kpn?

Reply

dionisa ; nikahnya sama persis seperti weton mbak dionisa yaitu selasa legi. trims. :)

Reply

thania ; ya sebenarnya kurang baik mbak..

Reply

selvy ; nikahnya pas selasa wage mbak.. trims.

Reply

perhitungan secara tradisi bali juga ada, seperti ada di http://www.kalenderbali.info

Reply

pak klo cowokya senin kliwon dan ceweknya rabu pahing hari baiknya kpn? dan tgl berapa ja yg gk di bolehin untuk pernikahanya

Reply

Mas Irwan kalau cowoknya 19 Sep 1988 dan cewenya 17 Feb 1988 bulan yang baik dan tanggal yang baik untuk menikah di tahun 2013 ini kapan mas ? terimakasih ya sebelumnya

Reply

kalau ce senin legi cwonya rabu legi,,,hari n bulan baik untuk menikahnya kapan?

Reply

pak Irwan kalo masalah mujur mayit itu gimana..?
apa masih ada cara untuk menyiasatinya,trimakasih...

Reply

mas Irwan,kalo masalah arah rumah yg ga baik,apa masih ada jalan kluarnya biar tetap bisa menikah..?

Reply

Klo misal sama2 sabtu kliwon pihak laki perempuan, baiknya hari apa y mas nikahnya??

Reply

Kalau kamis. Pon sama sabtu pahing jdi hari nya apa

Reply

Kalo sy org Jawa,, sedangkan calon sy org Cina yg punya itung2an sendiri. Terus ada 2 hari baik tuh. Siapa yg mesti diikutin? Soalnya keluarga dua2nya ngotot itu tanggal yg paling baek Mas :'(

Reply

mas mau tanya klo cow lahirnya 20 juli 1983 n cew 15 feb 1985 mau nikah tgl 04 mei 2013 baik nga? thx

Reply

mas mau tanya klo cow lahir tgl 20 juli 1983 n cew 15 feb 1985 mau nikah tgl 04 mei 2013 gmn? baik nga?thx

Reply

Mas, mohon infonya. Aku rabu paing, masku minggu legi. Jadi bagusnya minggu paing ya? Kalau juli 2013 pas bulan ruwah, orangtuaku menikah di nov 1968 juga ruwah. Apakah yang dilihat bulan masehi atau bulan jawa? Terimakasih y

Reply

mas saya mau tanya saya lahir 28 Oct 92 sedangkan pacar saya 09 Mar 86..terus baik buruknya apa
mohon jawabanya,,trimakasih
wassalam....

Reply

hjgjgfjgj

Reply

Pak,,mohon itunganny klo saya (P) lahir sabtu wage dan calon (L) lahir jumat wage, hari apa cocokny menikah? Thx

Reply

mas kalo perempuan jumat wage dan laki selasa legi hari baiknya kapan ??

Reply

mas mau tanya kalo perempuan jumat wage dan laki laki selasa legi ... trus baik buruknya dalam pernikahan apa ???
terima kasih

Reply

harus baca ini dulu http://dki.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=15653

Reply

mas, kalo cewe nya rabu legi, cowo nya selasa wage, niatnya nikah agustus 2013 syawal, baiknya tgl brp?
mohon bantu yaaa :)

Reply

Pak klo wanita nya kamis wage sedangkan cowonya minggu pon itu hari apa pak yg baik? Kli utk akad 14 des 13 hari baik nda pak? Trims pak

Reply

Mohon bantuannya...
Perempuannya : 5 April 1982
Laki-lakinya : 29 Maret 1988
Itu baiknya hari dan tgl bulan berapa ya utk tahun 2014 ?

Reply

Kalo hari nikahnya minggu pon, hari yg harus d hindari kpn aja mas? Mksi

Reply

Mau nanya mas...
kalo laki-laki nya jumat Legi,dan Perempuan nya jumat Kliwon...
hari dan tanggal apa yg bagus mas...?
Terima Kasih.

Reply

wah manfaat banget, Mas Irwan. Trmkh. sdh bny membantu.saya lho.

Reply

Mau nanya klo cewe senin kliwon yg cowo minggu kliwon bagus nya tgl brp ya di bulan desember2014?

Reply

Bagus ga klo nikah sabtu wage jika laki2 lahir di hari jumat legi dan perempuan senin pon?
Tolong dibalas

Reply

Klo pernikahan dilakukan hari sabtu wage jika laki2 kelahiran jumat legi dan perempuan kelahiran senin pon

Reply

Poskan Komentar

Follow by Email