© Copyright 2014 Duta Glory Community | Irwan Wicaksono | 085728802936 Psikologi Dan Bisnis - All Rights Reserved - http://www.dni.co.id

Gangguan Kecemasan : Fobia





Fobia
Penolakan Berdasarkan ketakutan terhadap benda atau situasi yang dihadapi. Walau sebetulnya tidak berbahaya dan penderita fobia sendiri mengakui bahwa ketakutan yang dirasakan itu tidak ada dasarnya.

Fobia Simpel
Sumber ketakutan berupa binatang, ketinggian, tempat tertutup, darah. Yang menderita fobia simpel kebanyakan adalah wanita dan dimulai sejak kecil.

Agorafobia
Berasal dari bahasa Yunani. Agora berarti tempat berkumpul atau pasar. Jadi agorafobia adalah ketakutan yang berpusat pada tempat-tempat publik seperti takut berbelanja, takut terhadap kerumunan orang, takut berpergian dan banyak meminta pertolongan.

  •  Banyak wanita yang menderita agorafobia ini dimulai pada masa remaja dan permulaan dewasa.
  • Simtom : ketegangan, pusing, kompulsi, merenung, depresi, ketakutan menjadi gila.
  • 90% dari satu sampel : takut tempat tinggi, tempat tertutup, elevator.

Fobia Sosial
Menyerupai Kecemasan Sosial. Keceasan tidak rasional karena adanya orang lain, contohnya takut berbicara didepan publik, takut makan di tempat umu, takut menggunakan WC umum. Biasanya penderita fobia sosial jarang meminta bantuan kepada orang lain. Permulaan fobia sosial biasanya dimulai pada masa remaja, karena pada masa itu kesadaran akan interaksi sosial dengan orang lain menjadi penting dalam kehidupannya.

Penyebab fobia
Teori Psikoanalitik :  Pertahanan melawan kecemasan hasil dorongan id yang direpres kecemasan. Pindahan dari impuls id yang ditakuti obyek ataupun situasi, yang mempunyai hubungan simbolik dengan hal tersebut. Menghindari konflik yang direpres. Cara ego untuk menghadapi masalah yang sesungguhnya, konflik pada masa kanak-kanak yang direpres.
Teori Behavioral : hasil belajar kondisioning klasik, kondisioning operan, modeling.

Terapi Untuk Penderita Fobia
Psikoanalaitis : konflik yang ditekan diangkat ke permukaan.
Behavioral : desensitasi sistematik, modeling.


Posting Komentar

Follow by Email