© Copyright 2014 Duta Glory Community | Irwan Wicaksono | 085728802936 Psikologi Dan Bisnis - All Rights Reserved - http://www.dni.co.id

Suara Mahasiswa ; Bisnis Di Dalam Kesenian (Makelar Seni)


Apa itu seni?? Berikut adalah pengertian seni menurut para mahasiswa dan pendapat mereka tentang adanya bisnis dalam seni. Hasil wawancara dari tim Multimedia Karya Kita Universitas Setia Budi Surakarta.



            Menurut saya seni merupakan pengekspresian cita dan rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan sebuah seni, diantaranya lewat alat seni tradisinal karawitan.
            Mengenai adanya praktek yang menyimpang yang dilakukan makelar seni dalam pendidikan, hal itu tergantung dari individual masing-masing yang menjalaninya. Dalam organisasi hendaknya harus selalu menjalankan roda organisasi dengan tepat sesuai dengan kapasitas masing-masing. Hal itu untk menghindari terjadinya segala sesuatu yang dikawatirkan, seperti adanya penyelewengan di dunia seni.
Penerapan seni dalam organisasi seharusnya berlandaskan pada nilai nilai seni yang ada jangan sampai terjadi makalar seni dalam institusi pendidikan.
Ganzar Kristiandi Setyo Putro
Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi Surakarta


Menurut saya seni adalah suatu aktivitas menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan, seni timbul dari dalam diri kita tidak dapat dipaksakan. seni identik dengan dunia entertain, suatu karya cipta dalam bernyanyi ataupun bermusik dapat dikatakan sebagai seni.
            Mengenai maklar seni dalam bentuk apapun itu pasti ada, tapi perlu digarisbawahi bahwa pelakunya hanyalah oknum-oknum tertentu, biasanya pelakunya ialah orang-orang yang memiliki latarbelakang kurang baik, misal pengangguran, sehingga ketika mereka memiliki jabatan di sebuah organisasi seni mereka akan memanfaatkan jabatan tersebut untuk kepentingan yang tidak baik.
            Harapan saya kedepanya bahwa penyelenggaraan seni dalam institusi pendidikan dapat berjalan sebagaimana mestinya tidak dicampuri kepentingan-kepentingan pribadi.

Agil Orienanda Sagharinoe
Fakultas FKIP Universitas Mulawarman, Samarinda


            Menurut saya seni itu suatu media dimana kita bebas mengekspresikan diri kita baik dari musik, budaya, teater ataupun sejenisnya. Pada dasarnya seni suatu hasil ekspresi atau karya seni merupakan perpaduan berbagai unsur yang dibentuk oleh karakteristik-karakreistik tertentu yang menghasilkan suatu karya keindahan.
            Mengenai makelar seni dalam pendidikan tergantung dari orang-orang yang berada dalam suatu wadah organisasi tersebut. Niat untuk melakukan praktek kecurangan banyak disebabkan karena niat dari dalam diri pelaku seni itu sendiri. Dan nantinya pasti dapat berimbas dalam iklim organisaasi tersebut.
Ezadhitys A. M.
Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi Surakarta




Posting Komentar

Follow by Email