PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Sejarah Psikologi Pendidikan
Psikologi
pendidikan merupakan cabang imu psikologi yang mengkaji pemahaman mengenai
pembelajaran dalam pendidikan. Bidang ini dibentuk oleh para ahli psikologi
pada akhir abad ke-19 tepat sebelum abad ke-20.
William James
Menurut
william james Psikologi pendidikan merupakan observasi pengajaran di dalam
kelas untuk meningkatkan pembelajaran. Memulai pelajaran tepat di titik luar tingkat
pengetahuan dan pemahaman anak untuk memperluas pikiran si anak.
John Dewey
Anak
merupakan pembelajaran aktif. Anak seharusnya tidak hanya dididik dalam mata
pelajaran akademis saja. Namun seharusnya juga mempelajari cara-cara
beradaptasi dengan dunia luar. Semua anak pantas mendapatkan pendidikan sesuai
denagan keadaan dirinya.
Edward Lee Thornndike
Fokus
pandangan Thorndike adalah pada assesment dan penilaian serta mempromosikan
tiang fondasi belajar yang ilmiah. Tugas yang paling penting dari pendidikan
yang diterima di sekolah adalah untuk mengasah keterampilan pemikiran
anak-anak.
Mamie dan Kenneth Clark
Meneliti
tentang gambaran diri dan identits anak-anak Amerika Afrika.
George Sanchez
Meneliti tes
kecerdasan, biasanya bisa terhadap anak-anak etnis minoritas.
Definisi psikologi pendidikan
Definisi Awam
Suatu cara
untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang bertujuan
untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang agar dia
menjadi warga negara yang baik.
Definisi Psikologi
1.
Proses
Segala sesuatu yang mencakup segala bentuk aktivitas yang akan memudahkan
dalam kehidupan masyarakat.
2.
Hasil
Segala sesuatu yang mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai
konsekuensi atau akibat dari partisipasi individu dalam kegiatan belajar.
Pentingnya Psikologi Pendidikan
Mengenal
faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan kita dalam memberikan pengajaran.
Misalnya; stress, tempramen, situasi lingkungan dan lain sebagainya.
Juga dapat
mengetahui bagaimana perkembangan anak, pekembangan kognitif, teori belajar dan
yang tidak kalah penting adalah psikologi sosial, sebab hubungan siswa dan guru
merupakan masalah sosial (Djiwandono, 2006)
Aspek-Aspek Pendidikan
-
Pendidikan Informal
proses belajar yang relatif yang tidak disadari yang kemudian menjadi
kecakapan dan sikap hidup sehari-hari.
-
Pendidikan Formal
Pendidikan yang dilakukan dengan sengaja yang bertujuan dan bahan ajar
yang dirumuskan secara jelas dan diklarifikasikan secara tegas.
-
Pendidikan Non Formal
Pendidikan dilaksanakan dengan sengaja tetapi tidak memenuhi syarat untuk
termasuk dalam jenjang pendidikan formal.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Segala
sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, baik formal maupun
informal, dimana di dalamnya terdapat proses interaksi antara pengajar dan
siswanya.
Metode dalam metode Pendidikan
-
Introspeksi
-
Observasi\metode
klinis
-
Metode
diferensial
-
Metode
ilmiah
-
Metode
eksperimen
1 komentar:
bos saya dah follow, dan terima kasih saudah follow back
ReplyPosting Komentar