© Copyright 2014 Duta Glory Community | Irwan Wicaksono | 085728802936 Psikologi Dan Bisnis - All Rights Reserved - http://www.dni.co.id

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN


PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN



Sejarah Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan merupakan cabang imu psikologi yang mengkaji pemahaman mengenai pembelajaran dalam pendidikan. Bidang ini dibentuk oleh para ahli psikologi pada akhir abad ke-19 tepat sebelum abad ke-20.

William James
Menurut william james Psikologi pendidikan merupakan observasi pengajaran di dalam kelas untuk meningkatkan pembelajaran. Memulai pelajaran tepat di titik luar tingkat pengetahuan dan pemahaman anak untuk memperluas pikiran si anak.


John Dewey
Anak merupakan pembelajaran aktif. Anak seharusnya tidak hanya dididik dalam mata pelajaran akademis saja. Namun seharusnya juga mempelajari cara-cara beradaptasi dengan dunia luar. Semua anak pantas mendapatkan pendidikan sesuai denagan keadaan dirinya.

Edward Lee Thornndike
Fokus pandangan Thorndike adalah pada assesment dan penilaian serta mempromosikan tiang fondasi belajar yang ilmiah. Tugas yang paling penting dari pendidikan yang diterima di sekolah adalah untuk mengasah keterampilan pemikiran anak-anak.

Mamie dan Kenneth Clark
Meneliti tentang gambaran diri dan identits anak-anak Amerika Afrika.

George Sanchez
Meneliti tes kecerdasan, biasanya bisa terhadap anak-anak etnis minoritas.

Definisi psikologi pendidikan

Definisi Awam
Suatu cara untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang bertujuan untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang agar dia menjadi warga negara yang baik.

Definisi Psikologi

1.   Proses
Segala sesuatu yang mencakup segala bentuk aktivitas yang akan memudahkan dalam kehidupan masyarakat.

2.   Hasil
Segala sesuatu yang mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi atau akibat dari partisipasi individu dalam kegiatan belajar.

Pentingnya Psikologi Pendidikan
Mengenal faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan kita dalam memberikan pengajaran. Misalnya; stress, tempramen, situasi lingkungan dan lain sebagainya.
Juga dapat mengetahui bagaimana perkembangan anak, pekembangan kognitif, teori belajar dan yang tidak kalah penting adalah psikologi sosial, sebab hubungan siswa dan guru merupakan masalah sosial (Djiwandono, 2006)

Aspek-Aspek Pendidikan

-         Pendidikan Informal
proses belajar yang relatif yang tidak disadari yang kemudian menjadi kecakapan dan sikap hidup sehari-hari.

-         Pendidikan Formal
Pendidikan yang dilakukan dengan sengaja yang bertujuan dan bahan ajar yang dirumuskan secara jelas dan diklarifikasikan secara tegas.

-         Pendidikan Non Formal
Pendidikan dilaksanakan dengan sengaja tetapi tidak memenuhi syarat untuk termasuk dalam jenjang pendidikan formal.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, baik formal maupun informal, dimana di dalamnya terdapat proses interaksi antara pengajar dan siswanya.

Metode dalam metode Pendidikan
-         Introspeksi
-         Observasi\metode klinis
-         Metode diferensial
-         Metode ilmiah
-         Metode eksperimen

1 komentar:

bos saya dah follow, dan terima kasih saudah follow back

Reply

Posting Komentar