Pertumbuhan
Bertambahnya ukuran
fisik dan struktur tubuh, sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur
sengan satuan panjang dan berat.
Pendahuluan
Perkembangan dan Pertumbuhan
Tujuan perubahan
perkembangan adalah realisasi diri(aktualisasi diri)
Perkembangan
Bertambahnya struktur
dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemapuan motorik(halus dan kasar),
bicara, bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian. Perkembangan merupakan hasil
interaksi kematangan susunan syaraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya.
Definisi
Deteksi(pemeriksaan,
penyaringan, screening)
Screening;
tindakan untuk mengenali problem yang belu jelas
Dignostik
evaluation; diagnostik yang lebih berupa prosedur
untuk melihat ketentuan administrasi dengan mengguanakan instrumen yang baku,
proses diagnosa.
Assesmen;
pada tahap ini kita sudah memulai melakukan evaluasi terhadap fungsi atau
aspek-aspek pada individu, untuk memberikan treatmen.
Definisi deteksi
dirisuatu prosedur untuk memonitor, mengikuti, mengenali seawal mungkin sesuatu
yang mungkin danggap menghambat proses perkembangan yang dilakukan oleh orang
yang profesional di bidangnya.
Hal-Hal
yang Dideteksi
-
penyimpangan pertumbuhan
-
penyimpangan pertumbuhanpenyimpangan
perkembangan anak
-
penyimpangan mental emosional
Ciri-Ciri
Tumbuh Kembang Anak
1. perkembangan
menimbulkan perubahan
2. pertumbuhan
dan [erkembangan pada tahap awal menentukan erkembangan selanjutnya
3. pertumbuhan
dan perkembangan memiliki kecepatan yang berbeda
4. perkembangan
mempunyai pola yang tetap
5. perkembangan
berkorelasi dengan pertumbuhan
6. perkembangnan
memiliki tahap yang berurutan
Perkembangan
Fungsi Organ Tubuh Terjadi Menurut 2 Hukum
1. perkembangan
terjadi lebih dahulu di kepala kemudian setelah itu baru menuju ke arah anggota
tubuh
2. perkembangan
terjadi lebih dahulu di daerah proksimal(motorik kasar) baru kemudian ke bagian
distal(motorik halus)
Prinsip
tumbuh kembang
1. perkembangan
merupakan hasil proses kematangan dan belajar
2. pola
perkembangann dapat diramalkan
Faktor
yang mempengaruhi tumbuh kembang anak
1.
faktor
internal
-
Ras/etnik/bangsa
-
Keluarga
-
Umur
Kecepatan
pertumbuhan yang pesat adalah pada masa prenatal, tahun pertama kehidupan
remaja.
-
Jenis kelamiperkembangan fungsi
reproduksi wanita lebih cepat daripada laki-laki, tapi setelah melewati masa
pubertas, pertumbuhan laki-laki akan lebih cepat
-
Genetik
Potensi
anak yang akan menjadi ciri khasnya
-
Kelainan kromosom
Aspek
Perkembangan yang Dipantau
1. Motorik
kasar dan halus
2. Kemampuan
bicara dan bahasa
3. Sosialisi
dan kemandirian
2. Faktor
eksternal
- Faktor
pre natal
Gizi,
posisi janin, racun/zat kimia, endokrin, adiasi, infeksi, kelainan imunologi,
anoksia embrio, psikologis ibu
- Faktor
natal
Komplikasi
persalinan (trauma kepala)
- Faktor
oasca natal
- Gixi,
penykit kronis, kondisi lingkungan, kondisi psikologis, gangguan hormonal,
sosio ekonomi, lngkungan pengasuhan, stimulasi, obat-obatan
1. Masa pra natal
2. Masa
bayi (0-11 bulan)
3. Masa
balita (11 bulan – 5 tahun)
4. Masa
pra sekolah (5 – 6 tahun)
Masa
Pra Natal Dibagi Menjadi 3 Periode
1. Masa
zigot (konsepsi-kehamilan 2 minggu)
2. Masa
embrio (kehamilan 2 – 8/12 minggu)
Ovum
jdi embrio, terjadi diferensiasi yang berlangsung cepat, terbentuk sistem organ
dalam tubuh
3. Masa
janin (kehamilan 9/12 minggu sampai akhir kehamilan)
Terdiri
dari 2 periode ;
o
Masa fetus dini (kehamilan 9 minggu –
trimester2)
Terjadi
percepatan pertumbuhan, badan sempurna
o
Masa fetus lanjut (trimester akhir)
Pertumbuhan
pesat disertai perkembangan fungsi-fungsi
Masa bayi (0-11
bulan) dibagi menjadi periode
-
Masas
neo natal (0-28 hari)
Terjadi adaptasi terrhadap lingkungan
dan terjadi perubahan sirkulasi darah, serta mulainya fungsi-fungsi organ
-
Masa
post neo natal (29hari- 11 bulan)
Terjadi pertumbuhan yang pesat dan
proses pematangan berlangsung secara terus menerus terutama meningkatnya fungsi
sistem syaraf. Bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan penuh.
Masa Balita
(11bulan-5tahun)
-
Keceepatan
pertumbuhan menurun tapi terfapat kemajuan dalam perkembangan motorik serta
fungsi ekskresi
-
Perkembangan
bicara, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, intelegensia sangat cepat
-
Perlu
mulai ditanamkan moral dan dasar-dasar kepribadian
Masa Pra Sekolah
(5-6 tahun)
-
Pertumbuhan
berlangsung stabil
-
Lingkungan
dalam rumah dan sekolah mulai banyak diperkenalkan
-
Untuk
masuk sekolah, sistem panca indera, reseptor penerima rangsangan harus siap
-
Proses
pembelajaran dengan bermain
-
Aktivitas
jasmani, keterampilan dan berfikir meningkat
1 komentar:
Bannernya sudah saya pasang balik, trima kasih atas partisipasinya
ReplyPosting Komentar